Jumat, 22 Mei 2009

KUE BALOK

Bila mendengar ”balok” yang terbayang oleh kita adalah sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tapi di daerah Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, ”balok” adalah nama sebuah penganan/kue yang terkenal nikmat. Disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api.

Bahan pembuat kue balok ini hampir sama dengan membuat ”getuk lindri”, hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibuat dari ubi ketela pohon (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya sampai bersih dan dicuci, lalu dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan lalu ditumbuk menggunakan lesung sampai benar-benar halus dan diberi garam untuk memberi rasa gurih. Setelah halus, dicetak dan dipotong-potong menyerupai balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang kemudian ditumbuk halus sampai mengeluarkan minyak.

Adalah Sariman dan Hj. Jamsiah pasangan pemilik kedai atau warung kue balok yang lezat ini. Menurut mereka untuk mendapatkan kue balok yang lezat tidak ada resep khusus, hanya dibutuhkan kesabaran pada saat mengolahnya, jangan berhenti sebelum adonan menjadi kalis (tercampur rata). Pasangan yang telah dikarunia enam orang anak ini memulai usahanya pada tahun 1985 sebagai sebuah usaha keluarga.

Pada hari libur omzet kedai Pak Sariman bisa mencapai sekitar satu juta rupiah perhari atau antara 25-30 juta rupiah perbulan. Pada hari biasa rata-rata penghasilan kedai ini sekitar atau 500 ribu rupiah perhari.

Pembeli biasanya adalah langganan yang sudah sering mencicipi lezatnya kue Balok Pak Sariman. Tetapi ada juga yang berasal dari Bandung dan Jakarta. Bahkan menurutnya beberapa pejabat era orde baru pernah menyambangi dan mencicipi kelezatan kue balok ini, sebut saja seperti Pak Harto (mantan Presiden RI) Harmoko (Mantan Menteri Penerangan era Orde Baru) dan beberapa pejabat penting lainya, termasuk Bupati.

Lokasi tempat usahanya, sekaligus sebagai tempat tinggalnya sangat strategis, persis di tepi jalan raya Pandeglang-Labuan. Hingga tak sulit bagi siapa pun yang ingin mencoba enaknya jajanan ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

youtube.betfair.com - A video gaming site
We've received complaints about the way the site was download youtube videos handled and the website has been hacked. The site is restricted to certain countries. Betfair has been providing free